Sebab-sebab Keberkahan Rezeki

  • TAQWA KEPADA ALLAH
Allah berfirman: "Dan kalau sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa sungguh akan kami bukakan pintu keberkahan untuk mereka dari langit dan bumi" (Al-a'raf: 96)

  • DOA & ISTIGFAR
Allah berfirman: "Dan Tuhanmu berkata: berdoalah kepadaKu, Aku akan mengabulkan doamu" (QS: Ghafir: 60)

Allah berfirman melalui lisan Nuh as: "Maka aku katakan kepada mereka mohonlah ampun kepada tuhanmu, sesungguhnya Dia maha pengampun, niscya Ia akan mengirimkan hujan yang lebat kepadamu, dan memperbanyak harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebundan mengadakan pula untukmu sungai-sungai." (Nuh: 10-12)

Rasullah bersabda: "Barang siapa yang senantiasa beristighfar, Allah akan menjadikan dari setiap kesempitannya jalan keluar, dan dari setiap kesusahannya kemudahan dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka" (HR. Abu Dawud)

  • MENGAMBIL SEBAB, SEMPURNA DALAM BEKERJA DAN MENCARI YANG HALAL
Allah berfirman: "Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjuruhnya dan makanlah dari segala rezki-Nya dan kepada-Nya-lah kamu (kembali) setelah dibangkitkan." (Al-Mulk: 15)

  • JUJUR & MENINGGALKAN KECURANGAN
Rasullah bersabda: “Penjual dan pembeli keduanya bebas memilih selagi keduanya belum berpisah. Maka jika keduanya jujur dan saling menjelaskan dengan benar, maka akan diberkahi pada bisnis keduanya. Namun jika menyembunyikan cacat dan dusta, maka terhapuslah keberkahan jual beli tersebut. (HR. Bukhari – Muslim)

  • MENJALIN SILATURAHMI
Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang berkeinginan agar rizkinya dilapangkan dan nama baiknya di kekalkan, maka hendaknya ia menyambung tali persaudaraannya.”

  • BERBUAT BAIK KEPADA ORANG LEMAH
Rasulullah bersabda: Pintalah kepadaku orang-orang lemah, sesungguhnya kalian diberi rezki dengan orang-orang lemah divantara kalian. (HR. Abu Dawud)

Rasulullah bersabda: Tidaklah setiap hari ketika seorang hamba memasuki waktu paginya, kecuali ada dua malaikat yang turun, maka berkata salah seorang dari keduanya: " Salah satunya mengatakan: "Ya Allah, berikanlah pengganti kepada orang yang dermawan." Dan Malaikat yang lain berkata: "Ya Allah, berikanlah kerusakan kepada orang yang kikir". (HR. Bukhori- Muslim)

Allah berfirman : "Berinfaklah kamu, maka Aku akan berifak kepadamu" (HR. Bukhori- Muslim)


  • SELALU BERSYUKUR ATAS SEGALA YANG ALLAH BERIKAN
Allah berfirman: "Dan ingatlah ketika tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur maka aku akan tambahkan nikmatmu kepadamu." (QS. Ibrahim : 7)

Rasulullah bersabda: "Barangsiapa yang ketika pagi membaca zikir di atas sungguh telah menunaikan kesyukuran harinya, barangsiapa seperti itu juga pada sore harinya telah menunaikan kesyukuran pada malamnya. (HR. Abu Dawud)

Rasulullah dalam do'anya: "Ya Allah aku memohon kepadamu untuk mensyukuri nikmatmu dan benar dalam beribadah kepadamu." (HR. Tirmizi)

  • QONA'AH (MERASA CUKUP) & TIDAK TAMAK
Rasulullah bersabda: kepada shahabatnya Hakim bin Hizaam: "Wahai Hakim! Sesungguhnya harta ini indah dan manis, maka barang siapa yang mengambilnya dengan jiwa yang baik, niscaya mendapat keberkahan, dan barang siapa yang mengambilnya dengan jiwa yang tamak, niscaya tidak mendapat keberkahan, dan ia seperti orang yang makan tetapi tidak pernah kenyang, dan tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. (HR. Bukhori-Muslim)



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: